Print kain digital untuk keperluan busana muslim sudah semakin umum dilakukan di pasar Indonesia, terutama melalui sosial media Instagram, berbagai brand ternama gamis maupun syari sudah bervariasi dan kreasi menggunakan print kain digital. Dengan artikel ini iPrint Percetakan Kain bermaksud untuk membagikan tips agar kamu juga bisa print kain seperti brand ternama dan produksi kain gamis / syari kamu sendiri untuk persiapan Idul Fitri yang akan datang.

Tiga Tipe Print Kain Gamis / Syari

1. Print Kain Motif Bawah

Maksud dari print kain motif bawah adalah design atau gambar yang ingin dijadikan motif syari diletakkan di bagian bawah kain, umumnya tinggi desain bervariasi di sekitar 25-45 cm. Di iPrint Percetakan Kain, kamu dapat memilih desain dari Shutterstock.com (tidak dikenakan biaya tambahan), kemudian request ke kami untuk print kain motif bawah, sebagai contoh:

Design print kain yang dipilih dari shutterstock
Design print kain yang dipilih dari shutterstock

Maka hasil print kain motif bawah akan menjadi seperti:

Hasil print kain motif bawah
Hasil print kain motif bawah

Kemudian saat proses cetak kain dilakukan pengulangan otomatis oleh program hingga panjang yang sesuai dengan permintaan customer.

2. Print Kain Motif Full Berulang

Print kain full motif berulang merupakan cara yang paling simple prosesnya, kamu tinggal memilih desain motif seamless pattern / pola berulang, dan kami menggunakan software print tekstil untuk mengulang pola tersebut secara otomatis, bukan manual. Contoh desain motif berulang:

Print kain motif kupu -kupu

Maka hasil cetak kain full motif:

Hasil Print Kain Motif Full

3. Print Kain Motif per Panel atau per Set

Print kain dengan cara ini merupakan print kain yang ingin menonjolkan keunikan setiap bajunya, jadi setiap set syari dicetak per satu set (umumnya 4 meter). Dibawah ini merupakan satu set kain Syari 4 meter:

Print Kain per Panel
Print Kain per Panel / per Set (1.47 x 4 meter)

Umumnya banyak yang menggunakan desain bunga dan rumput, kemudian bunganya di tengah baju semakin memanjang (semakin tinggi), desain seperti itu bisa menggunakan cara print kain per panel.

Kain yang dapat digunakan untuk print kain gamis atau syari

1. Crepe

Kain ini memiliki tekstur seperti kulit buah peach, ada juga orang yang bilang mirip kulit jeruk, tekstur ini lah yang membuat kain crepe memiliki keunikan yang di kain lain tidak ada. Walupun bertekstur, kain ini tetap memiliki hand feel yang halus.

2. Cavalli

Atau nama lengkapnya Roberto Cavalli, nama seorang fashion designer yang dijadikan nama kain. Kain Cavalli, halus, tidak bertekstur, tidak mengkilap. Jika melakukan photoshoot dengan kain ini, akan memberikan efek mengkilap doff elegan yang menarik customer Anda untuk ingin membelinya.

3. Velvet

Sama seperti kain Cavalli, kain ini sangat halus dan jatuh, tapi karakter “kain ini lebih “berdaging”.

4. Kanvas Linen Soft

Kain yang bertekstur, lebih kuat daripada ketiga kain diatas, lebih ‘tegas’ kainnya, tidak begitu jatuh dibandingkan kain-kain diatas. Print di kain ini menghasilkan warna yang sempurna, tidak perlu lining lagi, dan tidak nerawang.

Tidak hanya cetak kain gamis dan syari, iPrint Percetakan Kain juga dapat mencetak kain untuk kebutuhan busana muslim lainnya seperti, kerudung, jilbab, pashmina, baju koko, dan lainnya.