Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kaos printing sublime, akan kami jelaskan sedikit tentang apa itu printing sublime.

Printing sublime/ transfer print adalah sebuah metode percetakan dari gambar digital (berupa file ) dan bisa langsung dicetak ke berbagai media, biasa disebut transfer printing atau pemindahan desain dari kertas ke kain menggunakan sebuah mesin printer khusus dengan tinta yang khusus pula. Tinta yang digunakan berbeda dengan tinta yang digunakan dengan printer pada umumnya.

Untuk printing sublime biasanya menggunakan media transfer (kertas HVS, kertas double matte, kertas inkjet, Transfer print, kertas khusus sublimation, dan lain-lain). Proses pembuatan desainnya pun dibalik atau mirror sebelum dicetak print.

Metode teknik sublime yang banyak digunakan untuk print kain yang besar menggunakan printer untuk transfer paper yang cukup besar, area cetak mesin rata rata 160cm tergantung menyesuaikan bahan kertas yang digunakan.

Cara mencetak atau print sublim ini menggunakan kertas transfer paper Roll To Roll atau mesin printing kain, kertas tersebut di rolling dengan suhu minimal 200 derajat celcius di atas bahan kain yang ingin kita sublime.

Teknik membuat kaos ini tidak diprint secara langsung ke bahan kaosnya, sehingga kekuatan dan kualitas kaos ditentukan oleh jenis tinta , jenis media transfer dan kekuatan heat press yang digunakan.

              

Semua usaha pastilah ada pnilai plus minusnya, sama seperti printik sublime, berikut ini beberapa nilai plus dan minusnya printing sublime:

Plus

  • Warna yang dihasilkan lebih banyak dan bervariatif.
  • Proses pengerjaan lebih cepat, karena menggunakan transfer paper.
  • Lebih cepat kering setelah proses pengepressan dengan mesin press digital.
  • Bisa membuat kaos satuan tanpa batas pemesanan (desain berbeda satu dengan lainnya).
  • Desain bisa satu kaos full (full printed).

Minus

  • Bahan kaos hanya bisa pada bahan polyester (pe, jersey, dll).
  • Warna dan kualitas yang dihasilkan bergantung pada kualitas kertas transfer dan tinta.
  • Biaya produksi jauh lebih mahal karena harga tinta dan kertas transfer relatif mahal.
  • Tidak direkomendasikan yang ingin memproduksi kaos dengan low budget.

Beberapa contoh kaos dengan teknik printing sublime :

 

Semoga sedikit tulisan ini dapat membantu, dan jika anda tertarik untuk membuka usaha kaos printing sublime atau ingin sekedar bertanya-tanya. Anda bisa menghubungi Cs kami.

Salam sukses… salam sejahtera untuk kita semua…