1. Double Hycon

Jenis kain pertama adalah double hycon. Kain ini sangat adem dan memiliki tekstur yang lembut. Pada awalnya kain ini sering dipakai sebagai lapisan untuk bagian dalam baju atau furing. Penggunaaan bahan furing saat ini banyak beralih ke bahan double hicon. Karena kebanyakan bahan furing yang digunakan terasa panas dan kurang lembut. Dengan hadirnya bahan kain double hicon yang lembut dan adem sehingga kain ini banyak digunakan.

2. Voal

Jenis kain yang ke dua ada voal.  Bahan hijab voal adalah kain voille yang memiliki beragam warna dan motif. Sifatnya semi transparan, tipis tetapi jika dilipat tidak akan menerawang. Kain voille ini kebanyakan terbuat dari 100% katun. Akan tetapi, ada juga variasi kain voille yang terbuat dari kombinasi serat rayon, linen, silk, dan polyester.

3. Satin

Jika kamu sedang mencari bahan untuk model baju gamis pesta, menggunakan kain jenis satin adalah pilihan yang tepat. Ciri khas kain satin adalah memiliki permukaan yang mengkilap. Hal tersebut akan memberikan kesan mewah pada busana muslim yang akan kamu kenakan.

Selain mengkilap permukaannya, satin memiliki keunggulan lain, yaitu memiliki bahan yang lembut dan halus karena terbuat dari sutra. Namun, kamu harus berhati-hati dalam merawat pakaian berbahan satin. Hindari pencuncian dengan mesin cuci, karena akan membuat kain cepat rusak.

Kamu juga perlu berhati-hati dalam menyetrika kain ini. Pastikan panas setrikanya dalam suhu yang tidak terlalu tinggi, karena akan menyebabkan kain cepat rusak.

4. Sifon

Jenis kain selanjutnya adalah sifon, kain ini adalah kain yang sangat ringan bisa terbuat dari katun, sutra atau benang sintetis. Pemakaiannya menjadi lebih luas karena seratnya lebih kuat dan harganya relatif terjangkau.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, bahan ini mengalami metamorfosis. Kain ini juga sangat cocok dan akan menghasilkan hijab print yang bagus.

5. Jersey

Jenis kain terakhir adalah jersey yang sering digunakan untuk bahan kaos. Ada banyak sekali jenis dari kain jersey, seperti spandek, stella, high twist, dan serena. Dari keempat jenis tersebut, jersey spandek lah yang paling banyak diminati, karena memiliki kualitas terbaik.

Kain jersey spandek adalah salah satu kain yang asli dibuat dari pabrik. Spandek juga populer dengan sebutan jersey Korea, karena kualitasnya yang premium.

Ciri khas dari kain ini adalah memiliki bahan jatuh dan lembut dan tidak mengkilap. Selain itu, jersey spandek juga tidak gampang melar namun elastis, mudah menyerap keringat, dan memiliki serat yang halus.

Dengan segala kelebihan tersebut, kain jersey sangat tepat digunakan sebagai bahan untuk model baju gamis modern. Kamu bisa menggunakannya pada saat pagi dan siang hari, karena bahan ini mudah menyerap keringat.